Pages

Senin, 02 November 2015

Cumi-cumi Raksasa Terbesar di Dunia DiTemukan di Spanyol

Halo juragan... Cumi-cumi yang kita makan biasanya hanya berukuran sebesar jari kaki yang menemani nasi di atas piring. Tapi bagaimana jika cumi-cumi tersebut berukuran seberat dua kali lipat tubuh manusia dewasa yang bertubuh gendut.

Seekor cumi-cumi raksasa tertangkap di Spanyol. Hewan laut yang mata sebesar kepala manusia serta gumpalan tubuh raksasa ini membuatnya terlihat sangat mistis seperti siluman, daripada binatang nyata pada umumnya.

Monster laut ini terdampar pada hari selasa, 1 Oktober 2013 di pantai La Arena di perkampungan masyarakat Cantabria Spanyol.


Foto: El Diario Montanes

Gambar diatas ini adalah cumi-cumi raksasa terbesar di planet bumi yang disebut Architeuthis dux dan berukuran 30 kaki panjangnya, terdampar di pantai komunitas masyarakat Cantabria Spanyol.

Binatang air ini berukuran sekitar 30 kaki (9 meter) panjangnya dan beratnya £ 400 (180 kg), dan menurut laporan berita setempat. Ini adalah spesimen Architeuthis dux, invertebrata (hewan tanpa tulang belakang) terbesar di bumi yang pernah ditemukan.

Cumi-cumi raksasa ini hanya memungkinkan hidup di perairan dingin, karena penelitian telah menunjukkan bahwa darah mereka tidak cocok pada suhu tinggi.

Monster ini sekarang disimpan di Maritime Museum of Cantabria, menurut El Diario Montanes.

Pada tahun 2012, Tsunemi Kubodera, seorang ilmuwan zoologi di Museum Alam Nasional Jepang (Japan's National Science Museum) di Tokyo dan rekan-rekannya adalah yang pertama kali menangkap rekaman video cumi-cumi raksasa Architeuthis di habitat aslinya di dasar laut.

Dalam video mereka mengungkapkan makhluk yang sulit dipahami dari Kepulauan Ogasawara, sekitar 620 mil (1.000 kilometer) di selatan Tokyo pada kedalaman sekitar 2.066 kaki (630 m), tiga orang awak kapal selam mengikuti cumi-cumi raksasa turun ke kedalaman 2.950 kaki (900 m).

Selain membuat catatan ukuran besar, cumi-cumi raksasa ini juga memiliki mata terbesar di kerajaan hewan, yang lebih besar dari kepala manusia, menurut University of Michigan Museum of Zoology. Kacamata besar ini kemungkinan memungkinkan cumi-cumi untuk melihat di laut di mana cahaya sangat minim.

Meskipun sedikit yang diketahui tentang di mana cumi-cumi ini hidup, para ilmuwan mengatakan kemungkinan monster dasar laut ini berada di perairan dingin, karena penelitian telah menunjukkan darah mereka tidak membawa oksigen yang baik pada suhu tinggi .

Seperti cumi lainnya, kelompok yang mencakup cumi-cumi, gurita, dan keluarga mereka, Architeuthis diperkirakan memiliki sistem saraf yang luas dan otak yang kompleks.
http://juragancipir.blogspot.com/2013/10/cumi-cumi-raksasa-terbesar-di-dunia.html

0 komentar:

Posting Komentar